Tugas Modul 1.1.a.6 Refleksi Terbimbing Presentasi Kerangka Filosofis 'Merdeka Belajar'
Tugas
Modul 1.1.a.6. Refleksi Terbimbing
Presentasi Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’
Nama :
Markaban, S.Pd.SD
Instansi : SDN 007 Sidodadi
Setelah
mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hajar dewantara saya
mendapat banyak pengetahuan dan pengalaman baru seperti filsafat KHD tentang “
ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani” dan
pemahaman tentang budi pekerti, budi terkait denga cipta (olah piker) rasa
(olah perasaan ) karsa dan pekerti (olah raga). Pemikiran -pemikiran Ki Hajar
Dewantara tersebut masih relevan dan sangat baik diterapkan di era globalisasi
sekarang ini sebagai power untuk menyaring berbagai buadaya negative dari luar.
Pemikiran-pemikiran KHD juga dapat dikolaborasikan dengan filsafat buadaya
local ( budaya mandar) yaitu budaya mallaqbi ( mallaqbi pau, mallaqbi kedzo,
mallaqbi gau)
- apa kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru
ini? dan apa hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya?
Kekuatan saya dalam
menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini adalah pemahaman tentang
falsafah Ki Hajar Dewantara di kolaborasikan dengan falsafah budaya local
mandar. Kemampuan membuat program kegiatan untuk menerapkan pemikiran-pemikiran
KHD di kolaborasikan dengan falsafah budaya local. Seperti menerapakan dalam
kegiatan pekan praktik baik dan menerapkan dalam pemebelajaran.
Hal- hal yang perlu
saya ubah dalam diri saya adalah saya harus lebih rajin mempelajari falsafah
budaya mandar yang belum sepenuhnya difahami.
- apa perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami
pemikiran Ki Hadjar Dewantara?
Perubahan konkret
yang saya lakukan setelah mempelajari pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara
adalah merubah metode pembelajaran untuk lebih menekankan perubahan sikap
sesuai dengan falsafah “ing ngarso sung tulodo “ yaitu sebagai guru akan
menjadi teladan sikap yang baik kepada siswa. Dan teladan yang baik pula untuk
rekan sejawat dan di lingkungan masyarakat. “ ing madyo mangun karso” juga
senantiasa memberi ide dan gagasan untuk kemajuan belajar dan perubahan sikap
siswa, “tut wuri handayani” sebagai guru juga mendorong dan mendukung segala
hal untuk mengembangkan minat dan bakat siswa.
Posting Komentar untuk "Tugas Modul 1.1.a.6 Refleksi Terbimbing Presentasi Kerangka Filosofis 'Merdeka Belajar'"